GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI


GETARAN

Pengertian getaran

Getaran adalah gerak bolak-balik dari suatu benda secara teratur melalui titik keseimbangan. Benda yang bergetar memiliki simpangan yang merupakan jarak yang ditempuh benda bergetar dari titik keseimbangan. Suatu simpangan terbesar yang dimiliki oleh benda yang bergetar dinamakan amplitudo. Amplitudo dilambangkan dengan “A” dan satuan meter. Salah satu contoh benda yang mengalami getaran yaitu senar gitar yang dipetik atau garpu tala yang dipukul.
Jenis jenis getaran

Getaran dibedakan menjadi dua macam, yaitu getaran bebas dan getaran paksa.
Getaran bebas ialah getaran yang terjadi saat sistem mekanis dimulai dengan gaya awal yang bekerja pada sistem itu sendiri, setelah itu benda dibiarkan bergetar secara bebas. Dalam getaran bebas ini akan menghasilkan frekuensi yang natural disebabkan oleh sifat dinamika dari distribusi massa dan kekuatan yang membuat getaran. Contohnya sebuah bandul yang ditarik lalu dilepaskan dan dibiarkan hingga pergerakan bendul berhenti.
Getaran paksa ialah getaran yang terjadi saat gerakan bolak-balik yang disebabkan oleh adanya gaya luar yang secara paksa menimbulkan getaran pada sistem. Contohnya getaran rumah yang roboh ketika gempa bumi.
Periode dan frekuensi getaran
Perlu diingat bahwa setiap benda yang bergetar akan selalu memiliki periode dan frekuensi getar. Apa periode dan frekuensi itu? Lalu, bagaimana hubungan antara keduanya?
Periode merupakan waktu yang dibutuhkan suatu benda untuk melakukan satu kali getaran. Periode dapat dinyatakan dalam satuan sekon. Periode getaran dapat dirumuskan:

T = t/N

dimana :
T = Periode getaran (s)
t  = Waktu (s)
N= Jumlah getaran

Frekuensi merupakan banyaknya jumlah getaran dalam satu sekon, satuan frekuensi adalah herts (Hz). Frekuensi dapat dirumuskan:

f = 1/T

dimana :
f = Frekuensi
T= Periode

Hubungan antara periode dan frekuensi dapat dinyatakan:

f = 1/T dan T = 1/f

GELOMBANG

Pengertian gelombang

Gelombang adalah suatu getaran yang merambat. Gelombang terjadi disebabkan oleh adanya sumber getaran. Secara singkatnya, pada perambatannya gelombang merambatkan energi gelombang, namun perantaranya tidak ikut merambat. Gelombang dapat memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa memindahkan medium yang dilaluinya, misalnya ombak laut.

Macam-macam Gelombang

Berikut beberapa macam gelombang yang perlu diketahui:

Berdasarkan arah rambat dan arah getaran
Gelombang transversal yakni jenis gelombang yang memiliki arah rambat tegak lurus terhadap getarannya. Gelombang transversal biasanya berbentuk bukit dan lembah gelombang.
Gelombang longitudinal merupakan gelombang yang memiliki arah rambat sejajar dengan arah getarannya. Gelombang longitudinal biasanya berbentuk penjalaran rapatan dan renggangan secara bergantian.contohnya gelombang pada slinki.

Berdasarkan median perambatannya
Gelombang mekanik merupakan gelombang yang membutuhkan medium sebagai tempat merambat. Contohnya gelombang pada tali dan bunyi.
Gelombang elektronik merupakan gelombang yang energi dan momentumnya dibawa oleh medan listrik dan medan magnet yang dapat merambat melalui vakum sehingga tidak membutuhkan medium dalam perambatan gelombangnya. Contohnya gelombang cahaya dan gelombang radio.

Berdasarkan amplitudonya
Gelombang stasioner ialah gelombang yang memiliki amplitudo tidak tetap besarannya.
Gelombang berjalan ialah gelombang yang memiliki amplitudo tetap.

BUNYI

Pengertian bunyi

Bunyi yaitu sesuatu yang dapat didengarkan yang dihasilkan oleh benda yang bergetar. Suatu benda yang menghasilkan bunyi disebut dengan sumber bunyi. Sumber bunyi yang bergetar dapat menggetarkan molekul-molekul udara yang berada disekitarnya, sehingga syarat terjadinya bunyi adalah benda yang bergetar. Perambatan bunyi memerlukan medium, sehingga kita bisa mendengar bunyi jika ada medium yang dapat merambatkan bunyi.

Jenis-jenis bunyi
1. Infrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi kurang dari 20Hz dan hanya dapat didengar oleh anjing, jangkrik, angsa, dan kuda.
2. Audiosonik adalah jenis bunyi yang memiliki frekuensi antara 20 Hz – 20.000 Hz dan dapat didengar oleh manusia.
3. Ultrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi lebih dari 20.000 Hz dan hanya bisa didengar oleh kelelawar dan lumba-lumba.
4. Gaung atau kerdam adalah jenis bunyi pantul yang sebagian datang bersama dengan bunyi asli.
5. Gema adalah bunyi pantul yang datang setelah bunyi aslI.

Melengkapi pembahasan di atas, berikut video terkait pembahasan mengenai getaran, getaran, dan bunyi

Nah...setelah menyimak pembahasan di atas, selanjutnya silahkan jawab beberapa pertanyaan di bawah ini :


Komentar

Posting Komentar

Silahkan Komentar di sini

Postingan populer dari blog ini

Menyikapi Valentine Day

MANFAAT LAIN DARI HANDPHONE (HP) / PONSEL